Algoritma Pemrograman

18-04-2019

Seiring berjalannya waktu kini pemrograman kian diminati dan semakin berkembang. Hal ini erat kaitannya dengan perkembangan teknologi yang semakin maju dan cenderung cepat. Media untuk belajar pemrograman pun semakin bertebaran di internet. Mulai dari artikel, video, ebook, maupun webinar. Namun sebelum mempelajari pemrograman ada hal dasar yang harus dikuasai yaitu algoritma pemrograman.

Algortima adalah sebuah urutan langkah-langkah yang disusun secara sistemtis dan logis untuk menyeleseikan suatu masalah. Dari pengertian tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa algoritma pemrograman adalah urutan atau langkah-langkah untuk menyeleseikan masalah pada pemrograman komputer.

Hal yang paling penting dalam sebuah algortima adalah logika. Logika dalam berpikir bagaimana cara untuk menyeleseikan masalah pada program yang akan dibuat. Untuk memperlajari algoritma bisa dimulai dengan hal-hal kecil. Misalnya algortima membuat puding mutiara.


Membuat Puding Mutiara

Bahan :

  • 1 bungkus tepung hunkwe

  • 250 gr gula pasir

  • 1 gelas santan kental

  • 3 gelas air

  • 100 gr mutira, rebus dan tiriskan

  • 1 lembar daun pandan

  • 1/2 sendok teh garam

    Cara membuat :

  1. Campurkan tepung hunkwe, gula pasir, dan santan, tambahkan air, garam, dan daun pandan lalu masak diaduk sampai rata.
  2. Masukkan mutiara ke dalam adonan tepung hunkwe, aduk hingga rata.
  3. Tunggu hingga adonan mendidih dan mengental
  4. Setelah adonan mendidih dan mengental, angkat dan tuang dalam cetakan kemudian dinginkan
  5. Jika sudah dingin dan padat, keluarkn dri cetakan dan sajikan.

Penyusunan langkah-langkah pada algoritma harus terstruktur dan sistematis sehingga bisa mncapai hasil akhir yang diinginkan. Dalam sebuah algortima biasanya akan diberi nomor urut pada setiap langkahhnya. Tujuannya agar algoritma mudah dibaca dan intruksi terlaksana dengan baik dan benar.

Algoritma sendiri dalam penyajiannya secara umum bisa dibagi menjadi dua yaitu dalam bentuk tulisan dan gambar. Algoritma dengan menggunakan tulisan ditulis dengan struktur bahsa tertentu dan pseudocode. Sedangkan algoritma dengan gambar disajikan dengna flowchart. Flowchart adalah bagan alir dari sebuah progarm.


Komentar:

with by ZED