Mengenal HTML 5

13-04-2019

HTML (Hyper Text Markup Language) adalah sebuah bahasa markup yang membentuk dan menampilkan isi web. HTML 5 sendiri merupakan versi terbaru dari HTML yang dikembangkan oleh W3C (World Wide Web Consortium). Pengembangan HTML 5 dilakukan untuk memperbaiki konten multimedia yang sudah ada pada versi sebelumnya agar web browser mampu menerjemahkan intruksi-intruksi dengan mudah.

Resmi dirilis pada bulan Mei 2011, HTML 5 terus dikembangkakn oleh W3C hingga saat ini. Untuk saat ini, hampir semua perangkat baik mobile maupun desktop sudah mampu mengimplementasikan HTML 5 dengan cukup baik.

Fitur HTML 5

  • Elemen canvas, tag <canvas> bisa digunakan untuk menggambar secara dinamis dengan bantuan javascript.
  • Elemen video dan audio, menggunakan tag <video> untuk menampilkan video dan tag <audio> menampilkan file audio.
  • Geolocation, salah satu fitur untuk melacak posisi user dengan menggunakan informasi dai GPS maupun Wi-Fi.
  • Offline Web Application, meskipun tidak terkoneksi dengan internet akan tetapi user tetap bisa berinteraksi dengan web.
  • dll

HTML 5 memiliki struktur penulisan yang cukup sederhana dan hanya memiliki dua elemen utama yaitu head dan body. Bagian head diawali dengan tag <head> dan ditutup dengan tag penutup </head>. Pada bagian body pun sama, yaitu diawali dengan tag <body> dan ditutup dengan tag </body>. Sebelumnya, pada bagian head dan body diapit dengan tag <html> dan ditutup juga dengan tag </html>. Di awal baris dokumen html juga dilakukan pendeklarasian yaitu dengan memberikan tag <!DOCTYPE html>.

Struktur dasar HTML

1
2
3
4
5
6
7
8
9
<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
<title>Judul</title>
</head>
<body>
body
</body>
</html>

Komentar:

with by ZED